History

HISTORY

SMP-SMA Lokon St. Nikolaus, sekolah milik YAYASAN PENDIDIKAN LOKON (YPL), didirikan oleh Keluarga Ronald Korompis-Wewengkang yang terpanggil untuk mengabdikan diri pada pendidikan Indonesia dengan suatu misi, yaitu “memperkasa generasi muda dan anak/cucu masyarakat di Kawasan Timur Indonesia khususnya Sulawesi Utara“. Sekolah yang lebih dikenal dengan sebutan LOSNITO ini memiliki Motto : VERITAS (KEBENARAN), VIRTUS (KEBAJIKAN), FIDES (IMAN). LOSNITO memiliki berbagai fasilitas modern yang dibangun di atas lahan lebih dari 20 hektar dan di tata dengan rapih, indah di sertai dengan taman hijau yang nyaman, berada di Kakaskasen sebuah wilayah di Kota Tomohon yang berada di kaki gunung Lokon dan memiliki udara yang sejuk.

LOSNITO adalah sekolah berasrama, dimana para siswa/i didalamnya tidak hanya diberikan Pendidikan akademik, tetapi juga Pendidikan karakter. Selain menggunakan Kurikulum Nasional (2013), LOSNITO juga menerapkan Kurikulum Berbasis Kehidupan. Hal ini sangat unik dan hanya ada di SMP-SMA Lokon St. Nikolaus, sekolah berasrama.

SMA Lokon St. Nikolaus memperoleh izin operasionalnya pada bulan Desember 2001, dan mulai beroperasi pada tanggal 12 Juli 2002 (tahun pelajaran 2002/2003). Sekolah berasrama ini didirikan berdasarkan Akte Pendirian Notaris F. J. Mawati No. 22, tertanggal 18 November 1997 dan diresmikan oleh Presiden RI ke-6 Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 19 Januari 2006. Pada tahun 2017 SMA Lokon St. Nikolaus terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Provinsi Sulawesi Utara.

SMP Lokon St Nikolaus Tomohon adalah sekolah dalam naungan YAYASAN PENDIDIKAN LOKON dan Mulai beroperasi pada tahun 2011 berdasarkan SK Kadis Dikda Tomohon No. 02 tertanggal 8 Maret 2013 dan diresmikan pada tanggal 29 Agustus 2016 oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Pada tahun 2016 SMP Lokon St. Nikolaus terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Provinsi Sulawesi Utara.

Seiring berjalannya waktu, begitu banyak kerjasama yang dijalin oleh SMP-SMA Lokon St. Nikolaus, baik dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri. Hal ini dilakukan tentu sesuai dengan salah satu misi YAYASAN PENDIDIKAN LOKON yaitu untuk memperkasa anak didik.